Cara Menulis Buku Harian

Cara Menulis Buku Harian - Bila pada entri sebelumnya, kamu sudah berkenalan dan membaca mengenai tujuan dan unsur-unsur buku harian, maka pada entri kali ini, kamu akan belajar bagaimana cara menulis buku harian. Baca juga : Tujuan dan Unsur-unsur Buku Harian
Cara Menulis Buku Harian
Cara Menulis Buku Harian

Seperti halnya kita ketahui bahwa menulis buku harian sebaiknya dilakukan setiap hari, selain sebagai pengingat, pembelajaran dan evaluasi, dan tempat mencurahkan isi hati, buku harian juga sebagai tempat mengekspresikan diri secara bebas. Oleh sebab itu, cara yang harus diperhatikan ketika mengisi buku harian adalah sebagai berikut.

Jujur
Menjadi jujur pada diri sendiri adalah yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menulis buku harian, selain karena kamu akan bahagia ketika membacanya dikemudian hari, proses jujur dalam menulis buku harian ini juga melatih dirimu menjadi pribadi baik yang akan enggan berdusta. Percayalah, bahwa tidak setiap hal harus sesuai dengan apa yang diharapkan, terkadang ada kalanya, jujur ketika kamu egois, marah, ataupun benci membantu dirimu sendiri menemukan jati diri.

Tema
Beberapa orang memilih tema untuk buku harian yang ditulis. Mungkin menentukan tema 'harapan dan cita-cita' yang berisi daftar panjang harapanmu setiap harinya untuk masa akan datang. Mungkin tema 'romantisme' yang berisi sebait puisi tiap harinya untuk menggambarkan perasaan yang sedang kamu alami.

Konsisten
Konsistensi berasal dari diri dan niat dalam dasar hati. Pastikan kamu memiliki konsistensi menulis buku harian, sehingga memudahkan dan membiasakan dirimu menulis untuk mengekspresikan jiwa. Waktu terbaik untuk menulis buku harian adalah pada malam hari sebelum kamu pergi tidur, karena saat itu, semua hal telah kamu alami, dan membuatmu memiliki banyak pilihan untuk menulis.

Sentuhan Pribadi
Bagi kamu yang mungkin lebih suka menggambar daripada menulis banyak, kamu bisa menyelipkan gambar-gambarmu atau doodle yang kamu buat sendiri di tengah-tengah atau akhir tulisanmu. Dengan begitu, kamu tidak akan cepat bosan dan merasa senang saat menulis buku harian. Hal ini bisa dilakukan pula dengan menempel stiker, memberi tanda tangan, glitter, foto, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu sudah tahu hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika menulis buku harian, mungkin kamu juga harus tahu mengenai apa saja yang mungkin atau dapat kamu tulis di dalam buku harian, antara lain adalah: komentar dan atau kritik, kalau kamu suka mengomentari orang lain atau apapun yang kamu lihat, memberikan penilaian, dan saran, mungkin kamu bisa memilih kalimat komentar-komentar yang ringan sesuai dengan keahlian yang kamu punya. Kalimat-kalimat protes juga bisa kamu pilih untuk menentang kebijakan-kebijakan orang lain yang menurutmu tidak sesuai dengan dirimu, misalnya, pembagian kelompok belajar yang membuatmu sekelompok dengan teman yang nggak kamu banget. Kamu tentu bisa membuat kalimat-kalimat protes dan ketidaksetujuan tentang hal apapun. Yang terakhir adalah, harapan. Sama halnya dengan tema yang bisa kamu pilih tentang harapan dan doa atau cita-cita jangka pendek/panjang, kamu bisa menuliskan daftar keinginan dan harapanmu dalam buku harian yang kamu tulis.

Bagaimana? Mudah bukan menulis bukuharian! Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba dan berusaha menikmatinya. Selamat menulis buku harian!

Comments

Popular posts from this blog

Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Contoh Teks Hasil Observasi

Puisi Alysa Astry Djayanti